Ini 3 Alasan Pentingnya Liburan untuk Pekerja

Menurut Anda, apa alasan pentingnya liburan untuk pekerja? Dengan mengambil jeda di tengah rutinitas, maka pekerja akan mendapat manfaat positif untuk kesehatan tubuhnya dan mampu memberikan kontribusi lebih besar untuk perusahaan.

Jika alasan pentingnya liburan untuk pekerja itu dirasa kurang, maka Anda perlu tahu kondisi yang akan terjadi dengan bekerja terus-menerus tanpa cuti. Hal tersebut justru akan menyebabkan orang tertekan, sehingga hasil kerja tidak maksimal, dan malah bisa berpengaruh pada keseluruhan tim.

Simak ulasan tentang alasan pentingnya liburan untuk pekerja berikut ini. Semoga bisa menjadi pertimbangan untuk Anda mengambil cuti di bulan ini.

Mendorong Produktivitas

Bagaimana liburan bisa meningkatkan produktivitas? Ternyata, saat melakukan perjalanan, Anda akan terpapar pengalaman baru yang kemudian menjadikan pribadi lebih kreatif. Selain itu, pekerja yang kembali dari perjalanan juga bisa berkonsentrasi dan fokus lebih baik. Kreativitas dan kemampuan fokus ini mendukung produktivitas kerja.

Semua manajer pasti suka memiliki bawahan yang produktif. Inilah salah satu alasan pentingnya liburan untuk pekerja yang penting dari sudut pandang atasan. Tapi, sebenarnya produktivitas kerja seseorang akan memberikan keuntungan karyawan itu sendiri, rekannya, dan perusahaan secara keseluruhan, seperti:

  • Menghemat waktu kerja dan durasi produksi barang atau jasa
  • Memberikan nilai lebih pada produk atau jasa yang ditawarkan
  • Membuka peluang pengembangan diri lebih besar
  • Meningkatkan keuntungan

Meningkatkan Kesehatan

Fisik dan mental yang prima sangat mendukung performa karyawan. Salah satu cara untuk menciptakan kondisi kesehatan yang baik adalah dengan beristirahat. Inilah alasan pentingnya liburan untuk pekerja yang perlu dipahami semua orang.

Pastikan liburan direncanakan matang. Jangan mendadak, apalagi merusak acara liburan dengan mengecek pekerjaan di sela perjalanan. Liburlah dengan bebas, maka Anda akan mendapat manfaat kesehatan yang optimal seperti:

  • Mengurangi stres serta sakit kepala dan nyeri otot yang timbul akibat tekanan
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Mengurangi depresi
  • Meningkatkan kualitas tidur

Menciptakan Kebahagiaan Pekerja

Coba ingat lagi perasaan dalam hati ketika merencanakan cuti dan pada hari-hari menjelang liburan. Menyenangkan bukan? Perasaan gembira itu pun membuat mood kerja semakin meningkat.

Jadi, alasan lain dari pentingnya liburan untuk pekerja menciptakan kebahagiaan bagi orang yang menjalankannya. Saat berlibur, pekerja bisa menjalin ikatan dengan keluarga dan teman lebih erat, membuat kenangan indah, dan dapat merasakan keseimbangan dalam kehidupan dan pekerjaan. Pada akhirnya, perusahaan akan mendapat karyawan yang loyal.

Lalu, bagaimana kita bisa tahu kalau seorang pekerja merasa bahagia setelah liburan? Cobalah perhatikan rekan yang baru saja pulang dari perjalanan. Biasanya, ciri-ciri karyawan yang merasa senang di tempat kerjanya adalah sebagai berikut:

  • Lebih termotivasi
  • Lebih merasa terikat dengan kantor
  • Menjadi pemain tim yang baik
  • Menjadi pemimpin yang dapat diandalkan
  • Suka bersosialisasi di kantor
  • Jarang izin sakit
  • Hampir tak pernah stres dan merasa kelelahan

Di tengah tahun pandemi seperti ini, Anda harus menahan ide liburan yang gila. Jangan terlalu berambisi mengambil cuti panjang untuk menuju destinasi wisata yang diimpikan selama ini. Bersabarlah.

Jika Anda sudah menetapkan untuk mengambil jeda dari pekerjaan bulan ini, cobalah mencari cara berlibur yang lebih sederhana dengan memperhatikan protokol kesehatan. Anda bisa staycation di hotel terdekat, menyewa vila, atau berkemah bersama keluarga dekat.

Hal yang terpenting adalah bahwa sekarang Anda sudah memahami pentingnya liburan untuk pekerja. Jangan biarkan diri tenggelam pada pekerjaan yang tak ada habisnya. Anda harus berani bilang “tidak” pada atasan yang terus memberi tugas tanpa henti. Pergilah berlibur, lalu kembali lagi dengan baterai terisi penuh dan siap untuk melaju lebih jauh.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *