Ingin Menjadi Seorang Programmer? Ini Lima Hal yang Perlu Anda Tahu

Programmer adalah salah satu pekerjaan bidang teknologi yang banyak dicari. Perusahaan memerlukan ahli IT yang mendalami bahasa pemrograman ini untuk membantu pengembangan produk aplikasi, pembuatan situs web dan lain sebagainya.

Sebagai seseorang yang mendalami ilmu IT, pasti melihat pilihan profesi programmer sebagai salah satu pekerjaan yang menjanjikan. Buat Anda yang ingin terjun ke dunia kerja dan berkarir sebagai programmer, simak lima hal yang perlu diketahui berikut ini.

Apa itu Programmer?

Programmer adalah seseorang yang pekerjaannya menulis atau membuat kode untuk aplikasi perangkat lunak atau sebuah sistem operasi yang dapat diikuti komputer. Kode dalam ilmu komputer adalah rangkaian pernyataan atau deklarasi yang ditulis dalam bahasa pemrograman.

Profesi programmer sering juga disebut software engineer.

Tugas Programmer

Jika dilihat dari definisinya, pekerjaan programmer yang disebutkan hanya menulis kode untuk program komputer yang telah dikembangkan oleh software developer. Namun, sebenarnya, tanggung jawab programmer lebih dari itu. Selain hanya menulis, programmer juga akan diminta menguji program komputer yang telah ditulis kodenya untuk memastikannya berjalan dengan baik. Programmer juga yang bertugas memeriksa program secara berkala dan memperbaikinya jika ada kesalahan.

Selain itu, programmer juga diharapkan bisa menciptakan program komputer dan mengembangkan sistem informasi berbasis web.

Keahlian Utama yang Dibutuhkan

Anda harus menguasai bahasa pemrograman untuk bisa menjadi seorang programmer. Ilmu ini bisa didapat dari bangku kuliah atau belajar dan mengembangkan kemampuan secara otodidak maupun mengikuti kelas di luar kampus. Sejumlah bahasa pemrograman yang harus dikuasai untuk bisa bersaing di dunia kerja saat ini antara lain Java, Visual Basic, Python, C, dan PHP. Jika Anda mendalami dan menguasai salah satu bahasa pemrograman itu, maka bisa melamar pekerjaan spesifik seperti Java Programmer atau PHP Programmer.

Sebagian perusahaan membuka kesempatam pekerjaan programmer mulai dari kandidat dengan ijazah D3. Namun, bila Anda memegang gelar sarjana, maka peluang kerja yang terbuka akan lebih luas. Secara umum, perusahaan berharap calon programmer memilki pengalaman kerja selama 1-2 tahun. Maka, Anda perlu memanfaatkan program magang saat kuliah atau tawaran pekerja lepas untuk memperkaya CV.

Soft Skill yang Diharapkan

Saat mengerjakan pekerjaan membuat atau menulis kode, programmer dituntut untuk bisa memahami instruksi tertulis, berpikir kritis, memperhatikan detail, dan mampu memecahkan masalah. Tak hanya itu, programmer juga diminta untuk bisa bekerja dalam tim, karena dalam kesehariannya akan bersinggungan dengan software developer serta desainer UI dan UX. Maka, programmer pun diminta untuk dapat menjadi pendengar yang aktif sehingga memahami instruksi dari rekan tim yang memiliki keahlian berbeda.

Pada beberapa lowongan kerja programmer yang tersedia di Karir.com, perusahaan juga berharap kandidat menguasai Bahasa Inggris secara aktif. Maka, ada baiknya Anda juga membekali diri dengan keahlian ini.

Gaji

Jika menelusuri lowongan kerja programmer di Karir.com, maka Anda akan menemukan fakta bahwa gaji yang ditawarkan perusahaan untuk orang yang bersedia mengikuti pelatihan programmer saja sudah sebesar Rp 4 juta – Rp 5 juta. Sementara itu, kandidat programmer pemula ditawari gaji Rp 5 juta – Rp 6 juta. Adapun programmer senior bisa mendapat bayaran Rp 10 juta – Rp 15 juta.

Sebagian perusahaan yang membuka lowongan kerja melalui Karir.com hanya mencantumkan keterangan “gaji kompetitif” untuk seorang programmer. Maka, Anda perlu melakukan riset lebih jauh untuk bisa mengajukan tawaran gaji yang reasonable dan sesuai pasar pada saat negosiasi nanti.

Dengan memahami seluk-beluk pekerjaan programmer, kini Anda bisa meneguhkan pilihan untuk menekuni profesi ini. Anda bisa menemukan lowongan programmer di Karir.com. Pilihlah tawaran pekerjaan yang paling cocok dengan tingkat kemampuan Anda.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *