6 Tanda Anda Harus Pindah Kerja

Tanda-tanda seseorang harus pindah kerja biasanya terasa ketika motivasi sudah berkurang atau tidak ada lagi tantangan. Terkadang, isyarat itu juga muncul di saat semua keadaan di kantor sedang baik-baik saja. Kondisi pekerjaan yang relatif terkendali tidak bisa jadi alasan buat seseorang untuk mengambil peluang di depan mata dan mencoba hal baru di luar sana.

Memang, tak semua orang peka akan keadaan. Oleh karenanya, Karir.com akan memberi tahu beberapa tanda-tanda untuk Anda segera pindah kerja.

Stres dan Lelah

Biasanya, stres di tempat kerja timbul karena tekanan terlalu berat, target yang tidak realistis, hingga konflik dengan atasan dan rekan. Gejala stres yang dirasakan oleh tubuh seperti sakit kepala, masalah pencernaan, sistem kekebalan tubuh menurun, sampai insomnia. Selain itu, stres di tempat kerja juga memengaruhi kesehatan mental sehingga Anda jadi cepat marah, merasa diremehkan, dan sebagainya.

Jika stres sudah menyebabkan Anda mengajukan izin sakit beberapa kali dalam bulan ini, maka mulailah berpikir untuk pindah kerja. Jangan sampai pekerjaan mengganggu kesehatan fisik dan mental Anda.

Budaya Kerja Tidak Nyaman

Sebelum memilih tempat kerja yang sekarang, Anda pasti sudah melakukan riset kecil-kecilan mengenai budaya kerja dan nilai yang dipegang perusahaan. Anda tahu bahwa lingkungan kantor yang akan dimasuki akan menerima sepenuhnya dan membuat nyaman. Ditambah lagi, visi dan misi perusahaan sejalan dengan prinsip Anda. Anda pernah bangga menjadi bagian dari kesuksesan.

Tapi, akhir-akhir ini keadaan berubah. Mungkin karena pergantian para pimpinan yang mengubah kebijakan yang berpengaruh pada budaya kerja. Jika hal ini yang terjadi, mulailah mencari “pelabuhan” baru di luar sana yang sesuai dengan pribadi Anda.

Selalu Ingin Cepat Pulang

Orang yang semangat bekerja biasanya tak peduli soal waktu. Ia bahkan mengambil risiko mengerjakan proyek yang sulit dan kerja lembur dengan sukarela. Tapi, ketika motivasi kerja itu menghilang, Anda hanya akan mau memberikan kontribusi seadanya dan mengerjakan rutinitas biasa. Setiap kali duduk di meja kerja, mata Anda sering melirik ke arah jam dinding hingga menunjukkan waktu pulang.

Rasa bosan dan kehilangan motivasi kerja bisa terjadi karena perusahaan tak lagi memberikan Anda tantangan dan ruang untuk berkembang. Mungkin posisi Anda sudah mentok, sehingga tidak bisa naik lagi sampai ada seseorang yang pensiun atau mengundurkan diri. Jika Anda sudah menyadari tanda-tanda ini, maka sekarang saatnya untuk beralih ke pekerjaan yang membangkitkan semangat lagi.

Tidak Bisa Berkembang

Terkadang, bukan salah atasan atau perusahaan yang membuat Anda tidak bisa berkembang. Mungkin struktur organisasi perusahaan yang sekarang memang tidak memberi Anda peluang untuk promosi jabatan atau peran yang berbeda. Bisa jadi, perusahaan memang tak punya sistem pendidikan untuk meningkatkan keahlian karyawannya. Meski Anda sudah berprestasi dan berkontribusi besar, tetap saja tidak bisa naik ke level yang lebih tinggi.

Kalau kondisinya memang demikian, maka tak ada alasan lagi untuk tinggal lebih lama. Meskipun atasan, rekan, dan suasana kerja begitu nyaman, Anda tetap harus keluar dan mencari peluang baru yang lebih menantang sehingga bisa lebih berkembang.

Tidak Dihargai

Perasaan ini biasanya muncul dari sikap atasan terhadap Anda. Ketika Anda sudah berusaha keras, tapi tidak diakui. Saat Anda mencoba memberi kontribusi, tetapi malah diklaim sendiri oleh atasan. Lalu, saat ada promosi, Anda tidak diberi kesempatan.

Tanda ini seharusnya sudah bisa menguatkan Anda untuk segera pindah kerja. Tak ada gunanya bertahan di tempat kerja yang tidak menghargai talenta seperti Anda.

Pekerjaan Tidak Sesuai Kemampuan

Memang, tidak semua orang langsung berjodoh dengan pekerjaan impian. Tetapi, ketika Anda terdesak untuk membayar tagihan bulanan, maka kesempatan yang ditawarkan di depan mata langsung disambar saja. Kabar buruknya, pekerjaan yang Anda jalani mungkin tidak sesuai dengan minat, bakat, dan keahlian. Akibatnya, Anda akan merasa bosan di tempat kerja meski bisa melakukan semua tugas dengan baik.

Menemukan pekerjaan dan perusahaan yang cocok memang butuh usaha. Jangan buang waktu lagi! Mulailah buat strategi untuk segera pindah kerja.

Jadi, apakah Anda sudah merasakan tanda-tanda ini? Kalau ya, segera lakukan langkah pertama untuk keluar dari pekerjaan yang sekarang. Anda bisa mengawali perjalanan baru dengan Karir.com. Portal lowongan kerja pertama di Indonesia ini menyediakan peluang untuk Anda tumbuh dan berkembang dalam karier di masa mendatang.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *