5 Skill yang Dibutuhkan Staf Keuangan

Setiap perusahaan memiliki divisi finance. Mereka membutuhkan para profesional di bidang keuangan yang mampu mendukung roda usaha yang dijalankan. Peluang karier di sektor ini sangat besar dan menjanjikan.

Orang-orang yang memiliki latar belakang ilmu ekonomi dan akuntansi memiliki keunggulan di antara kandidat yang melamar kerja untuk posisi staf keuangan. Namun, modal ilmu yang didapat di bangku kuliah saja tidak cukup untuk memenangkan persaingan. Anda harus memiliki skill yang lebih banyak agar bisa lebih menonjol di pasar kerja hari ini.

Anda ingin sukses berkarier di bidang keuangan? Berikut skill yang harus dimiliki staf finance agar bisa menjadi karyawan yang dapat diandalkan.

Akuntansi

Pekerjaan di departemen finance berkaitan dengan data angka. Data-data harus dicatat, diolah dan dapat disajikan dalam bentuk laporan keuangan. Laporan tersebut bisa menjadi salah satu dasar untuk memberi nasihat keuangan sehingga manajemen dapat mengambil keputusan yang tepat.

Oleh karena itu, seorang staf keuangan harus memiliki skill dan pemahaman akuntansi yang kuat. Jika tidak mendapat tugas mencatat dan mengolah data, seorang staf keuangan setidaknya harus memahami cara membaca data.

Analisis

Data angka yang tercatat di dalam laporan keuangan tak berarti banyak jika tidak dianalisis lebih dalam. Maka, staf keuangan juga mesti mengasah kemampuan berpikir analitis untuk mendukung pekerjaannya.

Seseorang yang punya kemampuan menganalisis mampu mengidentifikasi masalah dengan memahami cara kerja suatu proses, hingga menemukan fakta-fakta dan bukti relevan untuk mencapai solusi. Pada akhirnya, seseorang dengan kemampuan berpikir analisis dapat menyederhanakan informasi, menggunakan logika dan alasan kuat untuk memberikan keputusan yang bijak. Staf keuangan yang memiliki skill analisis yang baik dapat menunjukkan kemampuannya, misalnya dengan menunjukkan bagaimana hasil (keuntungan) yang didorong oleh KPI.

Teknologi

Teknologi membuat pekerjaan lebih mudah dan cepat. Apalagi untuk pekerjaan yang melibatkan banyak data di bidang keuangan. Maka, staf keuangan harus memperdalam pengalaman dengan berbagai program spreadsheet. Anda harus terbiasa dengan berbagai software akuntansi seperti SAP, Zahir, Jurnal, dan Accurate.

Namun, teknologi berkembang sangat cepat. Maka, Anda harus mengimbanginya dengan memperbaharui pengetahuan tentang aplikasi terbaru dan informasi teknologi di bidang keuangan lainnya.

Komunikasi

Pekerjaan staf keuangan juga bersinggungan dengan divisi lain di perusahaan. Anda harus dapat menjelaskan arti dari data angka atau menyampaikan nasihat keuangan yang tepat berdasarkan fakta tersebut. Maka, seorang staf keuangan harus memiliki kemampuan komunikasi, baik secara verbal maupun melalui tulisan.

Ingat, manajemen mempercayakan keuangan perusahaan kepada Anda. Jika nasihat keuangan disampaikan dengan cara yang salah, maka keputusan yang diambil manajemen bisa tidak tepat sasaran dan kurang efektif.

Interpersonal

Staf keuangan zaman sekarang tak lagi bekerja sendiri dan tenggelam di antara tumpukan berkas di balik meja bersekat. Staf keuangan bisa saja diminta keluar dan menemui klien setiap hari.

Jadi, kandidat staf keuangan yang memiliki skill interpersonal yang baik tentu akan lebih unggul di mata perekrut. Dengan keahlian membangun hubungan bisnis dengan klien, maka Anda akan menjadi staf keuangan yang diandalkan di garda terdepan.

Dengan memiliki skill yang memadai, maka Anda bisa menjadi staf keuangan terbaik. Modal ini bisa digunakan untuk mencapai tangga karier yang lebih tinggi di masa mendatang.

Jika sudah mengasah berbagai keahlian yang diperlukan staf keuangan, maka Anda siap untuk segera terjun dan bersaing di pasar kerja. Temukan lowongan kerja di bidang keuangan di Karir.com, sebagai langkah awal untuk menggapai kesuksesan.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *