4 Keahlian Profesional Paling Dibutuhkan Tahun 2021

Awal tahun dapat dijadikan momen untuk memulai langkah pertama untuk menggapai impian dan mewujudkan resolusi. Buat Anda yang sudah punya rencana untuk menaiki tangga karier lebih tinggi tahun ini bersiaplah untuk mulai mengasah keahlian profesional.

Di tengah dunia kerja semakin kompetitif, Anda harus punya strategi untuk bisa bertahan di industri. Mulailah memahami keinginan pasar dengan memperkaya informasi mengenai keahlian profesional yang paling dibutuhkan di tahun 2021 berikut ini.

Analisis

Setiap industri memerlukan pemikir analitis yang mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi masalah, sehingga dapat mengembangkan ide dan menemukan solusi. Dengan memiliki talenta ini, seseorang akan menjadi andalan dalam proses pengembangan produk, perencanaan keuangan, hingga identifikasi konsumen dan kepuasan pelanggan.

Maka tak heran jika kemampuan analisis menjadi salah satu keahlian profesional yang paling dibutuhkan pada 2021. Jadi, para profesional yang ingin terus bertumbuh dalam karier perlu meningkatkan keterampilan ini.

Untuk mengasah kemampuan analisis, harus dimulai dengan keinginan dari diri sendiri. Anda dapat berinisiatif mencari cara untuk menemukan praktik terbaik dalam menyelesaikan tugas harian. Selain itu, Anda juga bisa mengambil peran sebagai penanggungjawab sebuah proyek yang membutuhkan kemampuan berpikir analitis. Bahkan, beberapa aktivitas di luar jam kerja seperti olahraga dalam tim, bermain games dan membaca juga dapat meningkatkan kemampuan analisis.

IT

Permintaan terhadap profesional di bidang IT semakin bertambah. Apalagi setelah pandemi yang mulai terjadi tahun lalu menyebabkan sebagian besar perusahaan menerapkan sistem kerja jarak jauh sehingga membutuhkan dukungan ahli teknologi. Belum lagi kebutuhan industri manufaktur yang siap menghadapi revolusi industri 4.0 dan ingin segera adopsi teknologi.

Melihat kebutuhan pasar kerja tersebut, profesional di bidang IT perlu mendalami dan menguasai keahlian seperti cloud computing, Artificial Intelligence, cybersecurity, hingga software development. Keahlian profesional IT bisa didapat dari sekolah atau melalui pelatihan. Tetapi, meski Anda sudah menguasai bidang ini sekali pun, hendaknya tidak berhenti belajar dan terus mengasah kemampuan dengan mengerjakan tugas yang sama secara berulang, atau bahkan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Untuk mengimbangi keahlian IT, para profesional di bidang ini juga diharapkan menguasai soft skill seperti komunikasi, kreativitas, dan manajemen waktu. Dengan demikian ahli IT bisa bekerja dengan baik di dalam tim.

Digital Marketing

Individu dengan keahlian profesional digital marketing juga sangat dibutuhkan. Hal ini seiring dengan perkembangan strategi perusahaan yang mencoba menarik konsumen di dunia maya. Untuk menyukseskan pemasaran produk, perusahaan melakukan aktivitas niaga di marketplace hingga menyebarkan kampanye di media sosial.

Oleh karenanya, perusahaan butuh talenta yang mengetahui cara mengoptimasi landing page, hingga membangun awareness terhadap produk di Facebook. Beberapa keterampilan spesifik yang perlu dikuasai para pemasar untuk menaklukkan 2021 antara lain pengetahuan tentang Search Engine Optimatization, pembuatan konten video, hingga copywriting.

Bagi profesional yang mau mulai mengenal dunia digital marketing, saat ini sudah banyak kelas online yang dapat diikuti. Anda bisa mengikuti beberapa kali workshop di akhir pekan sehingga bisa memahami digital marketing secara utuh. Namun, bila Anda merasa sudah mempunyai kemampuan digital marketing yang mumpuni, tak ada salahnya untuk belajar lagi. Keahlian profesional ini harus diperbaharui setiap kali ada tren dan alat pemasaran baru.

Desain

Keahlian profesional dalam bidang desain sangat dipengaruhi bakat yang tersemat sejak lahir. Namun, individu yang memiliki talenta ini tentu tidak bisa berharap terus dipertahankan perusahaan jika hanya mengandalkan keterampilan semata. Seorang profesional tetap harus proaktif untuk menyesuaikan kreativitas dengan kemauan user.

Tahun 2021 juga menjadi peluang besar bagi para desainer untuk tumbuh. Perusahaan membutuhkan ahli di bidang ini untuk mendukung bisnis yang mulai merambah ke dunia digital.

Untuk bisa tetap bersaing di dunia kerja, para desainer mesti menempa diri dengan mempelajari keterampilan desain yang belum dikuasai. Sebagai contoh, seseorang yang sudah menguasai graphic design, bisa mencoba untuk mendalami ilustrasi. Meski ilmu baru terkesan sulit, namun Anda tidak boleh menyerah walaupun butuh waktu lama dan usaha keras untuk menguasainya.

Beruntunglah Anda yang sudah menguasai keahlian profesional yang dibutuhkan di tahun 2021. Tetapi, Anda tidak boleh puas. Teruslah mendalami keterampilan yang sudah dimiliki atau belajar keahlian baru yang akan menbuka peluang lebih besar di masa mendatang.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *