3 Cara Mengasah Keahlian Profesional

Keahlian profesional telah membuat Anda mendapatkan posisi saat ini. Dengan kemampuan yang dikuasai, Anda mampu menjawab tantangan, memberi solusi, dan menunjukkan kinerja baik secara keseluruhan. Maka tak heran jika Anda selalu menjadi karyawan unggulan yang dapat diandalkan.

Tapi, Anda tak boleh berhenti sampai di sini. Yakinlah bahwa Anda memiliki potensi yang lebih besar. Apalagi, jika Anda memang memiliki ambisi untuk mendapatkan promosi tahun ini.

Target karier yang sudah Anda tetapkan harus diupayakan. Salah satu usahanya dengan meningkatkan kompetensi. Inilah cara mengasah keahlian profesional yang bisa Anda lakukan.

Practice Makes Perfect

Istilah “practice makes perfect” ada benarnya. Inilah salah satu cara mengasah keahlian profesional lainnya yang baik. Dengan mengaplikasikan keterampilan dalam pekerjaan secara berulang, maka Anda akan menjadi mahir pada akhirnya. Anda juga dapat “berlatih” saat membantu rekan kerja dan junior yang mengalami kesulitan dalam pekerjaannya.

Dengan sering berlatih, Anda akan terbiasa untuk memperhatikan detail. Hal ini kemudian akan membuat Anda lebih jeli untuk menemukan kesalahan. Dengan demikian Anda dapat memperbaikinya sebelum mendapat feedback negatif.

Ikut Program Pelatihan

Profesional yang sudah memiliki keahlian perlu mengikuti pelatihan untuk mengasah kemampuan. Dengan mengambil kelas tambahan, Anda bisa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan sesuai zaman. Jadi, Anda dapat mengantisipasi dinamika yang terjadi di industri di masa mendatang. Selain itu, dengan mengikuti kelas yang dihadiri sesama profesional, Anda dapat menambah jaringan baru.

Saat ini, berbagai lembaga pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pelatihan secara online. Hal ini tentu memudahkan Anda untuk mengambil kelas di sela kesibukan atau setelah jam kerja. Pelatihan yang diikuti bisa disesuaikan dengan keahlian profesional utama Anda. Di luar itu, Anda juga dapat mencoba belajar keterampilan baru yang akan memperkaya skill set.

Selain menunjang pekerjaan, ilmu yang didapat dari pelatihan juga dapat digunakan untuk bekal mengikuti tes kompetensi untuk mendapatkan sertifikasi. Sertifikat yang didapat dari institusi terpercaya dapat memperpanjang daftar keahlian yang tertulis di curriculum vitae. Hal ini berguna untuk Anda jika suatu saat memutuskan untuk bersaing lagi di pasar kerja.

Melanjutkan Pendidikan Formal

Cara mengasah keahlian profesional melalui jalur formal tentunya dengan melanjutkan sekolah. Anda dapat mengambil program master di bidang yang sama dengan ilmu yang dipelajari saat di bangku kuliah dulu. Anda juga bisa memilih jurusan manajemen untuk mendukung skill leadership dan memimpin tim kerja yang lebih besar di masa mendatang.

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mengambil keputusan untuk sekolah lagi. Jika perusahaan mengizinkan cuti sekolah, maka Anda mungkin akan kehilangan kesempatan promosi, dan merelakan posisi tersalip junior. Bila perusahaan tidak memiliki kebijakan cuti sekolah, maka Anda yang terpaksa harus meninggalkan pekerjaan. Oleh karenanya, Anda harus meyakinkan diri sendiri bahwa langkah yang diambil dapat membuat karier melesat setelah kembali bekerja.

Dari sekolah pasca sarjana, Anda tidak hanya akan mengasah keahlian profesional yang bisa diaplikasikan untuk pekerjaan. Namun, Anda juga dapat titel baru yang tentu saja bisa ditambahkan dalam CV.

Jika sudah menyadari pentingnya keahlian profesional untuk menunjang karier, maka Anda harus berupaya untuk mengasah kemampuan lebih baik lagi. Anda dapat memulai langkah pertama dengan mencoba sejumlah tes pada fitur pengembangan diri di Karir.com. Anda bisa mencari tahu sejauh mana kemampuan Bahasa Inggris, kecenderungan minat, hingga keterampilan dalam berkomunikasi. Dengan demikian, Anda dapat menentukan latihan, serta memilih pelatihan dan sekolah yang tepat sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *