3 Cara Mencari Lowongan Kerja Hari Ini. Mau Tahu?

Cara mencari lowongan kerja hari ini bukan lagi dengan melingkari iklan baris di koran. Kemajuan teknologi masa kini membuat kita bisa menemukan tawaran posisi yang kosong di perusahaan dari situs internet atau media sosial. Bahkan, kita juga dapat menemukan lowongan kerja yang tidak dipublikasikan lewat jaringan.

Buat para jobseeker, inilah cara mencari lowongan kerja hari ini.

Mengunjungi Situs Lowongan Kerja

Tentu saja! Hal pertama yang terlintas di pikiran setiap jobseeker yang ingin mencari tahu cara mencari lowongan kerja hari ini pastilah mengunjungi situs lowongan kerja. Dengan berselancar di website tersebut, Anda bisa menemukan perusahaan-perusahaan yang menawarkan berbagai posisi kosong di kantornya. Situs ini bahkan memberi kemudahan agar para pencari kerja bisa mencari lowongan berdasarkan posisi, lokasi, hingga perusahaan.

Tapi, tunggu! Anda akan rugi jika hanya memanfaatkan situs lowongan kerja sampai di situ. Anda bisa mengoptimalkan website ini lebih baik lagi, dengan cara:

Dengan menjadi pengguna aktif di situs lowongan kerja, Anda akan mendapat notifikasi pekerjaan yang cocok sesuai dengan minat dan keahlian. Anda juga bisa memperoleh info terkini tentang job fair atau pelatihan yang diselenggarakan pengelola situs.

Optimalkan Media Sosial

Mungkin Anda pernah mengalami hal ini: menemukan lowongan kerja yang di-posting teman ketika sedang scrolling linimasa media sosial. Ya, terkadang informasi lowongan kerja berasal dari sumber yang tak terduga. Jika beruntung, pekerjaan yang ditawarkan itu bisa saja cocok dengan minat dan bakat Anda.

Jadi, jelas. Anda tidak boleh mengabaikan media sosial sebagai salah satu cara mencari lowongan kerja hari ini. Sekarang, Anda hanya perlu memaksimalkan penggunaan media sosial untuk mencari kerja dengan cara berikut:

  • Jadikan media sosial untuk menampilkan personal branding
  • Lengkapi informasi diri yang benar
  • Jangan kunci akun media sosial
  • Tambah koneksi dengan profesional
  • Perhatikan status dan komentar yang ditinggalkan di media sosial

Jangan lupa follow akun media sosial dari situs-situs lowongan kerja terpercaya. Anda akan mendapat informasi dan wawasan tentang dunia kerja yang lebih luas.

Grup di Aplikasi Pesan Instan

Apa kesamaan Anda dengan orang-orang yang tergabung di grup WhatsApp yang diikuti? Apakah mereka keluarga, teman satu angkatan di sekolah atau kampus, atau teman kerja di perusahaan sebelumnya? Biasanya, teman dan keluarga tahu kondisi anggota grup yang sedang mencari kerja atau memiliki potensi yang cocok denganposisi tertentu. Maka, tak jarang Anda menemukan lowongan kerja yang di-posting di grup teman kuliah yang kualifikasinya sesuai dengan Anda.

Jika ada salah satu anggota grup yang mem-posting lowongan kerja, berikut etika untuk menanyakan lowongan lebih lanjut melalui aplikasi pesan instan:

  • Gunakan foto profil yang tampak formal
  • Aktifkan fitur centang biru dan last seen
  • Sampaikan salam, perkenalkan diri, langsung ke inti pertanyaan
  • Jangan menyingkat pesan
  • Ucapkan terima kasih dan salam penutup

Cara mencari lowongan kerja hari ini lewat di aplikasi pesan instan bisa dioptimalkan dengan mengikuti berbagai grup alumni. Mulai dari teman sekelas, seangkatan, hingga satu almamater. Lalu tunggu kabar baik dan jangan meminta lowongan kerja secara terbuka di grup.

Itulah tiga cara mencari lowongan kerja hari ini yang bisa Anda ikuti. Dengan mencoba berbagai metode, peluang Anda mendapat pekerjaan impian akan semakin terbuka lebar. Selamat berjuang!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *