3 Alasan Pentingnya Punya Keahlian Profesional di Dunia Kerja

Sejak terjun ke dunia kerja, Anda sudah menyadari pentingnya punya keahlian profesional agar bisa bersaing dengan kandidat lain yang melamar untuk posisi yang sama. Tapi, jika hanya menguasai keterampilan umum seperti kemampuan menggunakan komputer dan komunikasi saja, maka Anda tidak akan menonjol di mata perekrut. Lagipula, hari ini, hampir semua orang sudah bisa menggunakan komputer!

Berbekal “keterampilan dasar untuk kerja kantoran” saja, mungkin hanya akan membuat Anda terjebak di posisi staf dalam waktu lama. Bila suatu saat Anda ingin pindah kerja, maka pilihan profesinya pun terbatas.

Jadi, untuk bisa bersaing di dunia kerja saat ini, Anda harus berusaha menguasai setidaknya satu keahlian profesional. Keahlian profesional yang dimaksud di sini adalah seperangkat kemampuan yang membuat seseorang memiliki kompetensi untuk pekerjaan tertentu.

Untuk memiliki keahlian yang mumpuni, mulailah dengan mendalami ilmu yang sudah diperoleh dari bangku kuliah, belajar keterampilan baru dengan mengikuti pelatihan, atau sekolah lagi. Upaya Anda tidak akan sia-sia, karena tiga alasan pentingnya punya keahlian profesional di dunia kerja berikut ini.

Peluang Kerja Lebih Terbuka

Seperangkat keahlian yang Anda kuasai saat ini akan membuat peluang kerja terbuka lebar. Apalagi jika Anda punya satu saja keahlian profesional yang utama. Coba saja cek lowongan kerja terkini dan lihat seberapa banyak pekerjaan yang cocok dengan talenta Anda. Kalau mau pindah kerja kapan saja, Anda bisa melamar mulai dari posisi staf umum hingga profesi yang sangat spesifik sesuai keahlian khusus yang dimiliki.

Bila Anda memutuskan kembali bersaing di pasar kerja, maka keahlian profesional utama yang dikuasai bisa membuat Anda melaju jauh dalam proses perekrutan. Anda akan menjadi salah satu pelamar yang pertama kali teringat di kepala perekrut. Bisa jadi, Anda adalah kandidat yang terpilih untuk mendapat posisi yang ditawarkan.

Produktivitas dan Efisiensi

Alasan lain yang menguatkan pentingnya punya keahlian profesional sesuai dengan pekerjaan adalah bahwa kemampuan ini bisa membuat Anda menjadi pekerja yang produktif dan efisien. Tumpukan tugas yang diberikan atasan mampu diselesaikan dengan lebih cepat.

Karyawan yang produktif dan efisien juga bisa membantu kerja tim secara keseluruhan. Paling tidak, Anda bukanlah orang yang menghambat proyek. Malah, Anda mungkin menjadi sosok yang bisa membantu rekan kerja dan bagian dari solusi.

Modal Sukses dalam Karier

Pekerja yang memiliki keahlian profesional tentu bisa diandalkan untuk melakukan pekerjaan utamanya. Jadi, atasan tak perlu lagi menghabiskan waktu untuk memantau secara detail atau memperbaiki kesalahan-kesalahan. Bahkan, atasan bisa saja mendelegasikan sebagian tanggung jawab pada karyawan unggulan yang punya keahlian mumpuni. Dengan tugas yang lebih menantang, pekerja akan belajar dan mengasah keahlian utamanya sehingga menjadi lebih baik.

Setelah mendapat kepercayaan atasan, tentu Anda akan lebih mudah menaiki tangga karier. Bukan tidak mungkin kesempatan promosi itu datang sebentar lagi.

Anda beruntung jika sudah menjalani profesi berdasarkan minat, bakat, dan keahlian profesional yang dikuasai. Teruslah asah kemampuan itu untuk menjadi karyawan yang lebih baik lagi.

Sementara bagi Anda masih berkutat dengan pekerjaan yang bermodal kemampuan umum saja, cobalah gali potensi diri lebih dalam lagi. Berusahalah untuk menguasai keahlian yang cocok dengan minat dan bakat. Jangan mudah puas menjadi pekerja yang biasa-biasa saja!

Ketika keahlian profesional membuat lebih mudah mendapat pekerjaan, menjadi karyawan andalan, dan memiliki karier yang cemerlang, maka Anda akan merasakan kepuasan dalam pekerjaan.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *